6 Situs Efek Suara dan Musik Gratis yang Paling Populer di Kalangan Konten Kreator

Efek suara atau musik latar yang digunakan dalam tayangan slide dan video dapat menyampaikan tekanan pada emosi atau suasana yang ingin dihadirkan, seperti gembira, humoris, horor, sedih, atau romantis.

Artikel ini menyediakan 6 situs web yang menawarkan efek suara dan musik gratis serta cara mengunduhnya.

Kita dapat mendengarkan musik atau efek suara tersebut pada situs web terkait, menyimpannya ke komputer, atau menggunakannya untuk tugas drama sekolah, klip video YouTube, presentasi atau tayangan slide foto di PowerPoint, dan lain sebagainya.

Berikut adalah 6 Situs untuk Mengunduh Efek Suara dan Musik:

Last.fm Last.fm menawarkan unduhan musik gratis, mencakup genre musik klasik, hip hop, latin, dan banyak lagi. Situs web ini merupakan radio internet, jejaring sosial, komunitas musik, dan mesin rekomendasi musik terbesar saat ini yang berbasis di Inggris (Wikipedia). Last.fm memiliki perangkat lunak Scrobbler, yang berfungsi untuk membangun profil rinci selera musik setiap pengguna dari musisi, album, dan jenis musik yang didengarkan, dan memadukannya dengan musisi yang sealiran. Informasi tersebut akan ditransfer ke Last.fm dan secara otomatis ditampilkan ke dalam profil pengguna.

FMA (Free Music Archive) FMA memiliki beragam koleksi musik berkualitas tinggi. Musik dibagi ke dalam berbagai genre, termasuk blues, country, dan pop. Musik dapat diunduh tanpa harus melakukan registrasi.

OverClocked ReMix Situs web ini memiliki koleksi ribuan musik video game yang diubah oleh para penggemarnya, termasuk Final Fantasy, Kingdom Hearts, Pokémon, dan masih banyak lagi. Kita dapat mencari musik berdasarkan konsol atau nama game.

Freesound Freesound memiliki koleksi musik dengan berbagai lisensi Creative Commons dan Public Domain, yang dikelompokkan berdasarkan tag, seperti acoustic, ambient, dan percussion. Kita juga dapat menemukan efek suara dari bahan plastik, kayu, logam, dan lain-lain.

Cara mengunduh: Diperlukan registrasi untuk dapat mengunduh. Selain itu, kita juga dapat mengunggah klip audio kreasi kita sendiri.

Audionautix Audionautix memiliki koleksi klip audio dengan lisensi Creative Commons Attribution 3.0 Unported License. Klip audio tersebut dapat digunakan untuk keperluan komersial dengan mencantumkan sumber dari situs web Audionautix. Kita dapat mencari musik di situs web ini berdasarkan Genre (hip-hop, jazz, latin), Mood (menenangkan, humoris, dramatis), dan Tempo (cepat, sedang, lambat).

Cara mengunduh: klik kanan klip musik dan pilih 'save target/link as'.

Musopen Di situs web ini, kita dapat memperoleh musik klasik dari berbagai instrumen (biola, cello, piano) dan partitur (sheet music) secara gratis. Kita dapat mencari musik berdasarkan komposer, instrumen, dan periodenya. Diperlukan pendaftaran terlebih dahulu untuk dapat mengunduh musik, sedangkan partitur dapat diunduh secara langsung dalam format .pdf.