Proses rekaman untuk membuat lagu atau file audio

Suara dari kaset dari tape recorder, CD dan Mp3 player yang kita dengar merupakan suara yang diputar ulang. Suara tersebut berbentuk file audio dengan berbagai macam format (dat, Mp3, AC dan sebagainya). Sebelum dapat dinikmati, file audio tersebut mengalami beberapa tahapan yaitu :
  • Pembuatan konsep 
Sebuah lagu yang siap direkam, akan dibahas oleh pemain musik dan sound engineer. Disini seluruh proses rekaman sampai pembuatan master akan dikonsep. Konsep ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang proses yang akan dilalui, misalnya penggunaan alat musik, efek, tipe lagu dan sebagainya.
  • Rekaman (Tracking) 
Kemudian proses rekaman, proses rekaman atau tracking adalah proses pengambilan sinyal audio kemudian disimpan di media rekam. Didalam proses rekaman, vokal atau alat musik penghasil sinyal audio akan diambil suaranya dengan mikropon, atau bisa juga langsung diambil melalui pick up seperti gitar elektrik dan lainnya
  • Mixing 
Setelah sinyal audio berhasil direkam, untuk menjadikan musik yang terpadu diperlukan proses mixing atau pencampuran. Sinyal audio yang dari proses rekaman berbagai macam alat musik seperti gitar, bass dan drum digabungkan menjadi satu dengan suara vokalis. Proses mixing menitik beratkan pada keseimbangan setiap track untuk menghasilkan suara yang baik dengan hasil RMS yang tidak terlalu besar. Pada umumnya, bagian lagu terkeras mencapai – 14dB RMS atau +4dB (Bob Katz, K-20).
  • Pre Mastering 
Hasil yang diperoleh dari proses mixing diedit, proses ini masuk dalam pre mastering atau persiapan menuju mastering. Proses premastering adalah proses penyempurnaan hasil mixing untuk mencapai “standarisasi” dalam arti, merapikan frekuensi-frekuensi yg mengganggu (misalnya bass yang terlalu over dll), pengaturan gain untuk mencapai gain yang maksimal tetapi tidak overcompression (-12dB untuk pop, -10 dB untuk rock dsb). Jika proses standarisasi tidak bisa tercapai karena bost dan cut pada proses mixing terlalu besar maka harus dilakukan mixing ulang
  • Mastering 
Proses yang terakhir adalah Mastering. Mastering merupakan proses secara keseluruhan meliputi peletakan track, penentuan marker, penataan fade in fade out. Mastering juga bertanggung jawab perpindahan antar lagu agar diantara lagu yang diproduksi terkesan satu produk. Hasil akhir dari proses mastering adalah Master yang akan dikopi dan diproduksi secara massal.