Mengenal Pickup Gitar

Pick up adalah transducer yang menangkap getaran dawai untuk dikonversikan menjadi arus listrik. Kita mengenal tipe pick up ada humbucker dan single coil.

Single coil hanya memiliki satu kumparan magnet saja, sedangkan humbucker memiliki dua kumparan magnet. Keduanya tentu saja memiliki karakter suara yang jauh berbeda. Sebagai akibat dari dipakainya dua kumparan, suara humbucker lebih tebal, lebih keras volumenya, dan yang paling penting menghilangkan noise 60cycle.

 Gampangnya pick up harus minimal memiliki 2 kabel, untuk masing-masing memiliki kutub positif dan negatif dari kumparan tersebut. Walau banyak juga pick up ternama seperti DiMarzio, SeymourDuncan, yang memakai 4 kabel konduktor dan 1 ground (total 5 kabel), ini hanya sebatas variasi dari penggunaan pick up itu saja, bukan berarti semakin banyak kabel semakin bagus.

Single Coil 
Hanya memiliki 2 konduktor kabel saja., karena hanya menggunakan 1 kumparan. Selanjutnya salah satu kabel akan dijadikan kutub positif dan satunya lagi kutub negatif. Terserah anda mau yang mana jadi apa, tetapi perlu ditekankan keduanya menghasilkan suara yang berbeda. Dan pihak pabrik biasanya menyerahkan rekomendasi kabel mana yang sebaiknya positif dan negatif untuk menghasilkan sound yang maksimal.

Humbucker 
Memiliki 2 kumparan dengan tujuan menghilangkan noise 60cycle. Ada humbucker yang memiliki 2 kabel, 3 kabel, 4 kabel, dan 5 kabel. Bervariasi tergantung dari pabriknya.
Kita akan bahas humbucker dengan 4 konduktor dan 1 bare (5 kabel), karena ini yang umum dan banyak digunakan.


Pada gambar diatas, kita lihat ada 2 kumparan yang masing masing ujungnya dihubungkan dengan kabel (hitam, merah, putih, hijau) dan satu kabel bare (kabel ground, selalu dihubungkan dengan ground). Perlu diingat lagi, warna kabel yang digunakan sebagai contoh disini adalah pickup merek DiMarzio. Untuk pickup lain, harap dilihat spesifikasi pickup dan warna kabel untuk setiap ujung kumparan.
Banyaknya kabel konduktor ini, digunakan untuk mengkombinasi kedua kumparan tersebut, apakah akan dipakai secara seri, parallel, atau salah satu saja.


1.Seri
Kabel hitam dan kabel putih disambung dan dibungkus dengan selotip agar tidak menyentuh sirkuit lain, sehingga menyisakan kabel merah dan hijau sebagai kabel 1 dan kabel 2. Setting seri seperti ini akan menghasilkan suara output yang maksimal, tebal, dan bebas noise. Pabrik DiMarzio sendiri merekomendasikan agar kabel merah digunakan sebagai hot wire (positif), dan kabel hijau sebagai ground (negatif). Tapi tidak menutup kemungkinan bisa digunakan sebaliknya.
Mengapa ada pickup humbucker yang hanya mempunyai 2 kabel kondukto?. Karena sudah dipatenkan kumparan disambung seri, tidak ada lagi kabel hitam dan putih yang keluar, sehingga tidak bisa mengkombinasi kumparan secara parallel atau salah satu saja.

2.Parallel
Menggunakan parallel, misalnya dengan menyambung 2 kabel dari kumparan yg berbeda (dan berfungsi sebagai kabel 1), lalu sambung 2 kabel lainnya (dan berfungsi sebagai kabel 2). Setting seperti ini akan menghasilkan output yang lebih kecil dari setting seri, suara yang lebih bright dan jernih, dengan sedikit noise.

3.Salah satu saja
Pilih salah satu kumparan yang mau digunakan, gunakan kedua kabelnya sebagai kabel 1 dan kabel 2. Lalu kabel dari kumparan yang satunya lagi, dibiarkan saja, tidak usah disambung kemana mana